Selasa, 29 Desember 2009

Persiapan Membuat kurikulum Home Schooling tahun 2010 untuk Fidel.

Semua berawal dari idealisme untuk tidak buru-buru memasukkan Fidel untuk preschool. Pertimbangannya adalah kasihan sekali anak kami di usia 3 tahun sudah harus menelan rutinitas membosankan mulai dari terburu-buru bangun pagi, terburu-buru mandi, terburu-buru sarapan dan terburu-buru berangkat untuk bersekolah.

Saya yang awam dengan apapun metode ajar dan atau kurikulum, hanya menggunakan kacamata logika, yaitu, belajar formal adalah sesuatu yang secara otomatis akan dialami oleh anak manapun paling tidak sekitar 18 tahun kehidupannya, so wha'st the rush?

Ibu saya yang kebetulan adalah guru SD kelas 1 selama puluhan tahun memberi tahu saya, hampir tidak ada output atau pencapaian yang signifikan antara anak sekolah pada usia 2 -3 tahun dengan anak yang langsung masuk SD.

Tetapi, hanya bergantung pada referensi tersebut membuat saya sangat gamang, terlebih teman-teman yang memiliki anak seusia Fidel sudah mulai dengan tes seleksi awal masuk TK A. Kami yang tadinya tenang-tenang saja pun mulai mendapat pertanyaan-pertanyaan halus dari orangtua kami yang menanyakan kenapa Fidel belum mulai daftar masuk TK A. Waduh.

Sempat saya pusing dan mulai mencari-cari info, sekolah mana yang masih membuka pendaftaran seleksi masuk TK A. Memang masih banyak sekolah yang buka pendaftaran, tetapi ternyata memang hati kecil yang kurang sreg masih mencari-cari jawaban lain.

Penjelajahan di internet ternyata membuahkan hasil. Dengan sedikit tak percaya, ternyata saya menemukan bahwa saya tidak sendirian merasa gamang men-skip preschool dan kindergarten untuk anak, dan memang concern terhadap output dari pendidikan anak di preschool dan K sudah mulai bermunculan.

Informasi mengenai kurikulum, metode ajar, sharing dari para orang tua dan praktisi mengenai penyelenggaraan home schooling atau home education begitu berlimpah. Saya benar-benar kebingungan harus mulai dari mana, karena dengan hanya mengetikkan keyword "homeschooling indonesia" saja materi yang disharing sudah benar-benar abundant.

Akhirnya selama seminggu di akhir tahun yang sepi dari kerjaan kantor, saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk riset ringan kecil-kecilan mencari bentuk kurikulum yang pas dan sesuai untuk Fidel yang berusia 3,5 tahun.

Dan, saya putuskan untuk menaruhnya di blog untuk keperluan sharing dan jg memudahkan mem-view record keeping yang saya lakukan.

Semoga berguna.



Tidak ada komentar: