Rabu, 30 Desember 2009

Project Home Schooling 2010 untuk Fidel (Lanjutan 1)

Konsep pendidikan untuk early child hood yang saya nilai sreg untuk Fidel adalah konsep montessori. Hasil browsing singkat mengenalkan saya pada beberapa situs mengenai montessori, antara lain www.montessoriforeveryone.com dan juga pada hasil sharingan dari Shu Chen Jenny Yen di http://faculty.fullerton.edu/syen/mts

Konsep Montessori menurut Jenny Yen dari sharingan nya di http://faculty.fullerton.edu/syen/mts mencakup beberapa aktivitas yang penting untuk tumbuh kembang anak, yaitu Math, Language development, Practical-life, Sensorial-motor development, Culture development, Administration.

Untuk itu berikut ini adalah sedikit daftar sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan metode montessori.

Very Basic:
  1. Kursi dan meja ukuran anak 
  2. Mattras
  3. Kertas dan pensil
  4. Tanaman dan hewan peliharaan (untuk Fidel sudah ada empang dan anjing-anjingnya)
  5. Buku-buku sesuai usia
Practical-life:

  1. Peralatan makan untuk menuang, menyendok, memeras, menjepit.
  2. Peralatan kebersihan (sapu, spons, sikat, dsb)
Sensorial:
  1. Pink Tower (mengacu pada istilah sensorial material yaitu "The Pink Tower includes 10 pink cubes measuring from 1 cubic centimeter to 10 cubic centimeters, at increasing intervals. This material can be used as a stacking exercise by stacking increasingly smaller blocks one on top of another, reinforcing the concept of large and small")
  2. Red rods (kembali mengacu pada istilah sensorial material yaitu "The Red Rods include 10 rods, equal in diameter but variant in length. They represent a very tangible way for children to experience long and short.") 
  3. Color tablets - box 1 (penjelasan didapat dari link berikut http://homepage.mac.com/montessoriworld/mwei/sensory/scolortb.html yaitu " Wooden tablets, all the same size and shape, with end bars long enough for holding the tablets without touching the colored part of the tablet. Box 1 = The wooden box contains pairs of the primary colors; 2 red, 2 yellow, and 2 blue tablets"
Maths:
  1. Spindle boxes (didapat dari link http://homepage.mac.com/montessoriworld/mwei/Math/spindbox/spinbox.html yaitu "A wooden box with ten compartments numbered 0 to 9 along the back and 45 wooden spindles"
  2. Sandpaper numerals (kertas amplas yang ditempeli angka 0-9, dimaksudkan agar anak bisa melatih gerakan tangan menulis bentuk angka dengan cara menelusuri tempelan angka 0-9 yang ditempel) Note: cara membuat, beli kertas amplas yang bagus, lubangi bagian tengah berbentuk angka, lalu tempel di atas kertas karton tebal warna warni.
  3. Cards & counters (kartu-kartu bertuliskan angka, batu-batu yang digunakan untuk belajar berhitung)
  4. Golden bead set ( diambil dari link berikut http://www.montessorimaterials.com/Mathematics.htm# yaitu "one hundred golden bead units in a wooden container")
       


Language
  1. Matching cards. Note: foto lah barang-barang sehari, cetak dua kali, lalu perlihatkan pada anak, disertai cerita dan permainan mencocokkan gambar.
  2. Sandpaper letters (sama dengan sandpaper numerals, kali ini berbentuk huruf)
  3. Movable alphabet set.
Cultural
  1. Globe & world map puzzle
  2. Kartu susunan tata nama binatang, tanaman, dsb)
  3. Land & water forms (cards, clay & water)
Arts&Music:
  1. Musical instruments
  2. Art supplies (paint, scissors, glue, crayons)

Tidak ada komentar: