Rabu, 18 Agustus 2010

Mainan (bermain adalah belajar)

Salah satu alasan ketertarikan kami terhadap mainan, adalah the old saying, "untuk seorang anak, bermain adalah belajar."

Banyak hal didapat Fidel dari bermain. Mulai dari perkembangan motorik kasar sampai perkembangan kemampuannya menalar.

Dalam suatu sesi book-sharing dengan Pak Rhenald Kasali di bulan Agustus 2010, terungkap sharing mengenai anak Pak Rhenald yang sempat merasakan ikut pendidikan TK di sebuah sekolah di Amerika, dimana belajar menghitung dilakukan justru dengan bermain, misal menghitung batu-batu diluar di halaman sekolah.

Kami tidak menuntut Fidel menjadi anak yang paling pintar, paling hebat. Kami berdoa dan berusaha, agar dia tumbuh dan menikmati pertumbuhannya, sehingga dia tumbuh memiliki rasa diri yang positif.

So how?

Sebagai orangtua, kami terus berusaha memperkaya cara pandang, melapangkan hati, untuk selalu bertumbuh menjadi orang yang lebih baik lagi dari kemarin. Kami skip preschool dan TK untuk Fidel, sehingga dia bisa lebih bebas bermain.

Kami percaya, bahwa bermain yang sehat meningkatkan rasa bahagia, membentuk karakter anak menjadi lebih sportif, dan sembari bermain, Fidel banyak belajar berhitung dan bernyanyi.

Untuk skip SD dan SMP dan SMA? semoga jawabannya dengan teguh kami dapatkan pada Home Education/Home Schooling.














Tidak ada komentar: