Senin, 18 Januari 2010

Finance for Kids

Minggu, 17 jan 2010 ini Fidel dikasih budenya buku dari IDX yang bagus sekali dan kujadikan momentum untuk mulai mengenalkan fungsi uang baginya.

1 set buku bertema Finance for Kids, kubacakan yang untuk usia TK,  konsep awal adalah mengenalkan keuntungan menabung. Fidel selama ini memang kuberikan celengan berbentuk ayam, dan setiap kali dia lihat uang receh pasti dimintanya untuk ditabung, tapi dia belum jelas mengenai konsep uang dan menabung. Yang dia tahu adalah dia menabung uang receh di celengan.

Setelah membaca buku itu, kuajak dia untuk memecahkan celengannya. Kami sama-sama ambil palu dan di halaman depan celengan ayam dipalunya sampai pecah, uang logam berserakan. Ditotal ternyata ada lumayan banyak.

Dia tanya, uangnya boleh dibelikan apa. Kujawab, karena ini uangnya jadi bebas mau dibelikan apa saja boleh.
Dia tersenyum lebar sekali padaku, sambil menjawab uangnya mau dibelikan mainan mobil-mobilan di mal. Kubalas dengan oke dan senyuman.

Malamnya, saat kami pergi ke superindo, dia menagih janjinya. Inilah gambar dia dengan mainan pertamanya yang dibelinya dengan "uangnya sendiri". Kutanya, apakah Fidel senang, dia menjawab iya dengan malu-malu masih memeluk mainannya. Lalu kulanjut dengan pernyataan, "berarti besok kita nabung lagi ya biar bisa beli mainan lagi".




Tidak ada komentar: