Sabtu, 23 Januari 2010

Montessori Practical Life

Masuk dalam kurikulum Montessori Practical Life bagian preliminary movements untuk animal care.

Materi yang dipaparkan oleh Su Chen Jenny Yenn adalah feeding the fish untuk anak 3Y+. Fidel sudah melakukan hal tersebut semenjak dia bisa berjalan, bahkan setahun belakangan ini Fidel sudah bisa memancing. Dan, andai aku bisa mengabadikan ekspresinya saat dapat ikan dari proses memancing. Priceless!

December 2007, saat Fidel sudah mulai bisa menunjukkan egonya, sudah bisa menunjukkan kecemburuannya kalau perhatianku bukan tertuju padanya, bahkan pada ayahnya pun dia cemburu, kami menilai bahwa Fidel harus dibantu untuk mematangkan perkembangan emosinya, berhubung saat itu dia masih ASI, aku tidak bisa berharap banyak untuk segera dapat momongan lagi, sehingga cara yang paling tepat menurut kami adalah giving him a pet. So, we gave him 2 puppies for christmas.

Saat ini Januari 2010, puji syukur pada Tuhan bahwa Fidel tumbuh menjadi seseorang yang memiliki sense of emphaty yang cukup dengan kondisi sekitar. Dia belajar memandikan anjing, krn katanya anjing2 bau. Dia belajar bahwa anjing juga butuh makan yang rutin setiap hari, walaupun yang selalu memberi makan anjing adalah ayahnya, dan dia belajar untuk menyayangi hal-hal yang kaitannya diluar dari kepentingan dirinya sendiri. Kalau hari hujan, dia bilang kasihan anjing di luar kedinginan sehingga disuruhnya masuk berdiri depan pintu.



Tidak ada komentar: