Senin, 04 Januari 2010

Sharing: Gamangnya memulai home education untuk Fidel

Ide untuk homeschooling ini semakin diperdalam ternyata justru memperjelas ketidaktahuan saya akan pentingnya kematangan karakter sebagai orangtua, pendidik pertama dan utama dalam hidup anaknya.

Saya browsing, mencoba memperkaya diri terhadap konsep home education, melayang-layang di permukaan kurikulum saxon atau abeka. Rasanya lebih enak dan lebih gampang kalau tahun depan Fidel masuk aja ke sekolah swasta terdekat, dan daripada pusing-pusing "merancang kurikulum" yang customized untuk Fidel, lebih baik mengikuti arus (dan menghadapi kemungkinan untuk tenggelam bersamanya, he..he..he..)

Tapi, hati nurani saya terusik, untuk berhenti bekerja kantoran, meninggalkan semua "race rat" antara bekerja semakin keras mencari uang untuk membayar uang sekolah yang lebih baik bagi Fidel, dan tinggal dirumah, mengurus sendiri pendidikan Fidel dari rumah dengan cara yang akan semakin mendekatkan diri padanya.

Untuk pertanyaan ini, tidak ada website atau milis manapun yang dapat memberi jawabannya, semua kembali pada komitmen pribadi. Untuk yang terakhir ini, saya terus berdoa agar mendapatkan jawabannya.

Tidak ada komentar: