Kamis, 21 Januari 2010

Kegagalan Les Musik

Sering saya dihadapkan pada tekanan untuk membiarkan anak menemukan sendiri jalannya, dan itu sulit sekali karena pada tahap tersebut saya hanya bisa mengandalkan metode trial & error untuk menemukan hal-hal yang paling dia sukai dan memang merupakan karakter dia yang paling dominan.

Sudah setahun ini Fidel ikut les musik electone satu kali seminggu. Fidel amat menikmatinya, gerak dan melodi dan lagu dan musik sepertinya amat memengaruhi keseharian dia semenjak ikut les. Akan tetapi, karena selalu kudampingi, penilaianku mengatakan dia merasa tidak bebas di dalam kelas tersebut dan kadang bosan saat mulai diajari tangga nada, karena tidak ada kegiatan/aktivitas real yang bisa dia lakukan seperti yg biasa dia lakukan di rumah seperti coloring dan writing.

Akhirnya, dapat buku piano preschool punya Mbak Lala, aku coba lagi..ternyata memang Fidel kurang menikmatinya. Berdasarkan ini, kuputuskan untuk pending dulu dia naik kelas musik, dan sementara mau stop dulu les formal, biarlah dia belajar sendiri mengulang dasar-dasar yang sudah dia pelajari setahun belakangan ini.

Tidak ada komentar: