Sabtu, 06 Februari 2010

Unit Studies-Unschooling

Knowledge is power, thus it is a two-sided blade.

Membaca artikel dari websitenya keluarga sumardiono mengenai unschooling, I must admit that deep, - way deep inside, I feel it IS true.

Mana mungkin seseorang anak manusia dengan kapasitas intelenjensia tinggi pun dapat menguasai semua elemen pengajaran di dunia ini? Sebagai orang tua, sebenarnya tugas mulia kami, salah satunya adalah mempelajari potensi dan bakat anak kami, dan mengarahkannya untuk meraih segala mimpi-mimpi yang seringkali dianggap menjadi nasib atau jalan hidup.

Orang tua yang mau mencoba mengerti dan percaya pada diri anaknya adalah yang paling dibutuhkan si anak.

Pada usia dini, Fidel mulai menunjukkan ketertarikan pada metode unit studies yang kukenalkan. Caranya? Here's an example.

Sebagaimana layaknya anak kecil, Fidel menunjukkan ketertarikan yang tinggi pada Fire Truck. Ini kami lihat sebagai kesempatan untuk mencoba satu subjek bahasan untuk dipelajarinya. Caranya gampang sekali, aku mengumpulkan segala jenis gambar fire truck dari dunia maya, lalu kukumpulkan di satu folder untuk diflash ke Fidel. Dari situ kami membahas (dan aku menjawab) semua concern atas hasil pengamatan Fidel.

"truk pemadamnya besar ya Bunda?"

"oh yg ini truk pemadam kartun"

"Kenapa sih ada tangganya?" "buat nolong orang, Fidel" "truk pemadam itu buat nolongin orang jg ya Bunda, orang yg ga bisa turun ya?"

Lalu, setelah melihat beberapa kali putaran, dia komen "aku mau liat truk pemadam yg gerak, Bunda"

yo wes, lari ke  youtube. Dan, sekali lagi, global village menunjukkan sisi baiknya. Ada begitu banyak online resources yang mendukung metode unit studies kali ini. Tersedia banyak video yg menunjukkan proses berangkatnya fire truck sampai ke TKP, sampai air disemprot dan api padam.

What Fidel gain from this session of lesson?

  1. Fidel belajar variasi bentuk dari Fire Truck
  2. Fidel mengetahui bahwa petugas pemadam tugasnya adalah untuk membantu orang
  3. Fidel belajar empati terhadap orang-orang korban kebakaran
  4. Fidel mengetahui konsep air "melawan" api dan juga sifat-sifat api dan air yang bertolakbelakang
  5. Fidel belajar bersama Ibunya dan Ayahnya, dimana ini ditegaskan oleh Fidel sebagai sesuatu yang amat sangat dia sukai.
God is good.

Tidak ada komentar: